Selasa, 09 Juli 2013

Apa itu RolePlayer?

Roleplayer atau biasa disingkat sebagai RP adalah 'dunia' dimana seseorang memparodikan bias/idolanya. Idola itu tidak harus artis2 KPOP, bisa juga JPOP, Western, Indo, bahkan karakter anime atau manga sekalipun.

Biasanya, social media yang digunakan untuk Roleplay adalah Twitter. Namun ada juga yang melalui FB, WA, bahkan SMS..

* untuk bergabung di RPW (RP World), kita mempunyai 2 pilihan, yaitu:

1. kita bergabung/join dengan sebuah agency RP.
Agency RP di twitter bermacam2, dan mereka semua mempunyai ciri khas dan peraturan masing2. Maka dari itu, jika kalian ingin bergabung dengan sebuah agency, kalian harus membaca peraturannya terlebih dahulu. Bergabung dalam sebuah agency menurutku pribadi, memiliki keuntungan tersendiri, seperti lebih mudah mendapat teman sesama agency.

2. free agency / no agency.
kita tidak 'terikat' agency, jadi langsung membuat akun, dan mulai mencari teman dan berbaur sesuka hati. Tanpa ada batasan dari sebuah agency.

* Dalam dunia RP, ada 2 kategori kepribadian Roleplayer yaitu:

1. OOC (Out of Chara) :
sifat atau kepribadian idol yang kamu perankan jauh dengan idol yang asli.
Contohnya, kamu memerankan idol yang sebenarnya sangat cuek di RL (Real Life), tapi kamu memerankannya dengan sangat berbeda, kamu perhatian, penyayang, yang jelas 'jauh dengan yang asli'.

2. Less OOC :
sifat atau kepribadian idol yang kamu perankan kurang lebih sama dengan yang asli. tweet yang kamu kirim pun biasanya seputar jadwal/schedule idol yang kamu peranin, dan juga sedikit fantalk. Biasanya, akun less OOC menggunakan bahasa inggris, tapi tidak harus berbahasa inggris kok... ^^

* kategori RP:

- Yadong: khusus untuk mereka yang realnya berumur 18+ [NC (No Child)]
- Non Yadong: bebas untuk segala usia.
- TG (Transgender): bagi mereka yang ingin memerankan idola mereka yang berbeda gender. contoh, fans cewek memerankan idol cowok, dan sebaliknya.
- No TG: bagi mereka yang memerankan idol sesuai gender real mereka.

* Beberapa peraturan yang biasanya diterapkan di beberapa Agency RP:

1. Beberapa agency memperbolehkan adanya TG, namun ada juga yang tidak.
2. Beberapa agency tidak memperbolehkan adanya 'tindakan' yadong di TL (Timeline), dan Hanya boleh 'melakukannya' di DM (Direct Message). Namun, jika kalian bergabung dengan agency khusus Yadongers, kalian bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun.
3. Beberapa agency tidak memperbolehkan adanya Twin(kembaran). Artinya, kalian tidak boleh memerankan idol yang sudah dibooking(diperankan) di agency itu. Tapi ada juga agency yang twins allowed.
4. Jika kalian bergabung dengan sebuah agency, biasanya ada peraturan tersendiri untuk uname(username) akun RP kalian, jadi kalian harus mengikuti peraturannya. Contoh jika kamu bergabung dengan agency @ABCBlablabla dan ingin memerankan Yoona SNSD, dengan peraturan uname harus @ABC_[nama idola], jadi uname kamu harus @ABC_Yoona.. paham?

*INI "PERATURAN UTAMA RP"
TIDAK BOLEH MENYEBARKAN HAL2 YANG BERHUBUNGAN DENGAN REAL LIFE KAMU DI TL, CONTOH: PA (Personal Acc), NO. HP, NAMA REAL, dsb.
HAL ITU HANYA DIPERBOLEHKAN MELALUI DM SAJA, a.k.a TERSEMBUNYI/RAHASIA.

mungkin hanya itu saja yang bisa aku share.. jika ada pertanyaan, kalian boleh comment dibawah artikel ini.. :) Terimakasih sudah mau membaca ^^
Oiya, jika kalian ingin meng-copy artikel ini, jangan lupa sertakan source-nya ya.. :3

2 komentar:

Unknown mengatakan...

infonya bermanfaat. makasi ya...

kuroneko mengatakan...

sama-sama ^^ terimakasih uda mau ngasih komen :)

Happy Flying Blue Angel Kaoani Happy Flying Blue Angel Kaoani Happy Flying Blue Angel Kaoani Singing Hatsune Miku